My Creative Ideas: Hubungan Sistem Komputer dengan Sosial [Masyarakat]

14.11.12

Hubungan Sistem Komputer dengan Sosial [Masyarakat]

Di jaman sekarang komputer sudah sangat berkembang dibandingkan jaman dahulu karena perusahaan komputer bersaing untuk dapat merangkul semua pengguna komputer, namun dibalik kesuksesan komputer jaman sekarang, pasti ada aja kekurangannya. Jika ditanya imajinasi tentang komputer untuk masa depan, saya akan langsung berfikir bahwa komputer yang akan datang, akan lebih membantu pengguna tanpa adanya kerugian yang didapat dari penggunaan komputer tersebut. Misalnya untuk kesehatan, komputer sangat berbahaya bagi mata karena dari sinar yang ada pada komputer akan menyebabkan mata lelah bahkan sampai mata kita minus dan harus manggunakan kacamata, untuk itu saya sangat mengharapkan bahwa komputer yang akan datang bisa melihat atau memperhatikan hal-hal sekecil apapun itu.

Hal lain yang menurut saya wajib di perhitungkan adalah dengan adanya kejahatan yang menggunakan komputer. Kejahatan dengan menggunakan komputer sebagai medianya sangatlah merugikan masyarakat, coba saja dengan menggunakan satu buah komputer yang terkoneksi dengan internet para hacker membobol beberapa rekening nasabah. Contoh lain pembajakan yang merugikan para musisi yang telah bersusah payah membuat karyanya, dengan segampang itu dibajak hingga mengalami kerugian yang cukup besar.


Harapan saya dengan perkembangan komputer yang sangat cepat harus juga didukung dengan pengamanan yang baik.

Data dan informasi menjadi sumber yang penting adalah kenyataan, bahwa data dan informasi bukanlah suatu yang murah dan mudah didapat. Namun demikian, akan menjadi jauh lebih besar resikonya perkembangan IT dikerjakan tanpa data dan informasi dibandingkan dengan suatu perencanaan yang dikerjakan dengan data dan informasi. dengan demikian, kegiatan manusia yang berkualitas akan membutuhkan perencanaan yang berkualitas yang pada akhirnya juga dibutuhkan data dan informasi yang berkualitas pula.
Oleh karena itu data dan informasi menjadi sumber daya yang sangat penting dalam perkembangan IT jika tidak ada keduanya maka perkembangan IT tidak dapat berjalan.

Tanpa kita sadari, komputer ternyata telah berperan dalam masyarakat. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk teknologi lainnya seperti kereta api, mobil, pesawat udata, televise, dan lain-lain. Yang membedakan komputer dengan produk teknologi lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas secara menakjubkan dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi. Komputer pada saat ini banyak digunakan di sekolah, kantor ataupun dirumah. Pada dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.

Di Negara maju, apresiasi masyarakat terhadap computer lebih merata dibandingkan dengan di negara berkembang, oleh karena penetrasi komputer di masyarakat maju sudah lebih lama terjadi. Di Negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, beberapa lapisan masyarakat tertentu sudah merasakan manfaat komputer, sedang beberapa lapisan lainnya belum mengenalnya. Keadaan ini, akan berubah secara bertahap, cepat ataupun lambat. Adalah tidak bijaksana bila ada sebagian dari anggota masyarakat yang seolah merasa terancam dengan masuknya computer kemasyarakat, sebab peran komputer di masyarakat pada akhirnya akan ditentukan oleh masyarakat itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar